Rabu, 03 September 2014

Pameran Kreatif Inovatif UNY 2014


Rabu 14 Mei 2014, ‘Pameran Kreatif Inovatif UNY’ di GOR UNY Karangmalang Yogyakarta yang diselenggarakan mulai tanggal 12-14 Mei 2014. Kegiatan tersebut diadakan sebagai rangkaian acara untuk menyemarakkan Dies Natalis ke-50 UNY. Kesan setelah mengunjungi pameran tersebut adalah menambah pengetahuan saya tentang jurusan-jurusan dan lembaga-lembaga yang ada di UNY melalui karya-karya dan inovasi-inovasi yang dipamerkan dalam acara tersebut. Menurut saya pameran tersebut sangat menarik jika diadakan setiap tahunnya, karena selain menunjukkan hasil kreasi mahasiswa dan dosen-dosen, dengan diadakannya kegiatan tersebut dapat juga dijadikan UNY sebagai sarana untuk mempromosikan diri kepada masyarakat karena pengunjung dalam pameran tersebut tidak hanya mahasiswa dan warga UNY saja tetapi banyak juga masyarakat umum dan siswa-siswa SMA yang tertarik untuk mengunjungi pameran yang diadakan UNY.

Pameran hasil karya mahasiswa dan dosen UNY ini ke depan bisa ditingkatkan lagi, dari segi kapasitas peserta maupun kualitas karya. Hasil karya mereka sangat penting untuk menjawab tantangan zaman. Selain itu, sebagai Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK), UNY bukan saja dituntut mampu menghasilkan insan-insan yang pandai mengajar, namun bagaimana membuat terobosan akademik untuk memberikan solusi terhadap masalah yang ada dalam masyarakat. Pameran ini juga menjadi pertanggungjawaban program studi dan jurusan yang ada di UNY, seberapa esar kontribsinya.

Dalam kegiatan tersebut dipamerkan ratusan karya-karya dari mahasiswa dan dosen-dosen UNY. Produk yang dipamerkan dalam kegiatan ini, selain produk penelitian, ada juga produk kreatif berupa metode pembelajaran untuk siswa, produk kewirausahaan, sampai karya buku. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memajukan kualitas pendidikan.

Contoh Produk yang dipamerkan dalam pameran tersebut adalah buku profil lembaga yang dibuat oleh mahasiswa manajemen pendidikan. Desain profil lembaga yang dipamerkan cukup menarik dan beragam, dari hal tersebut dapat dilihat bahwa tingkat kreatifitas dan daya imajinasi mahasiswa manajemen pendidikan sangat tinggi. Walaupun demikian, masih banyak juga kekurangan-kekurangan dalam pembuatan profil lembaga tersebut, terutama dalam hal isi dan tata letak profil lembaga. Menurut saya, hal tersebut terjadi karena mahasiswa manajemen pendidikan kurang serius dalam pembuatan profil lembaga tersebut karena baru bersifat latihan.

Contoh produk lainnya adalah hasil karya-karya yang dipamerkan oleh jurusan pendidikan seni rupa UNY. Produk-produk yang dipamerkan berupa karya-karya seni rupa seperti patung yang terbuat dari limbah kardus, topeng dari kayu jati, lukisan 3 dimensi, lukisan dari pelepah pohon pisang dan patung dari limbah kawat. Saya sangat mengapresiasi produk-produk tersebut, karena dapat menyadarkan kita bahwa barang-barang bekas yang sebagian besar dari kita menganggapnya sebagai sampah tetapi dengan tangan-tangan kreatif mahasiswa pendidikan seni rupa dapat disulap menjadi sebuah karya yang indah dan berdaya jual tinggi.

Kegiatan tersebut dirasa cukup menarik karena sukses menyedot berbagai kalangan untuk mengunjungi Pameran Kreatif Inovatif yang diselenggarakan UNY, karena selain memamerkan hasil kreatifitas dan inovasi-inovasi dari mahasiswa dan dosen-dosen UNY tetapi juga disemarakkan dengan lomba vokal tunggal tingkat SMA/SMK, dan lomba tari pada Selasa, 13 Mei 2014. Sedangkan pada Rabu 14 Mei 2014, digelar lomba dongeng kreatif bagi guru TK dan PAUD, serta peragaan busana muslim dari ‘Hijabspark’.

Program ‘Pameran Kreatif Inovatif’ yang diselenggarakan UNY tahun ini dapat dikatakan cukup sukses, hanya saja desain tempat dan kesiapan dari masing-masing jurusan yang belum maksimal. Hal tersebut terlihat dari stand-stang yang disediakan sebagai tempat unutk memamerkan produk-produk UNY sangatlah sempit sehingga pengunjung harus berhimpit-himpitan jika ingin melihat produk-produk tersebut. Selain itu karena persiapak dari jurusan-jurusan yang minim maka produk-produk yang dipamerkan hanya seadanya.

Masukkan dari saya adalah semoga kegiatan ini akan tetap berlangsung setiap tahunnya dan kontribusi dari masing-masing jurusan harus lebih baik sehingga kegiatan terseut akan lebih meriah dan menarik karena pameran ini juga menjadi pertanggungjawaban program studi dan jurusan yang ada di UNY, untuk mengetahui bagaimana kontribusinya, serta kinerjanya selama ini untuk pembangunan. (Huda)

0 komentar:

Posting Komentar